Minggu, 21 Desember 2014

Hari Ayah dan Hari Ibu


Barangkali ada beberapa pembaca yang sama dengan saya, yaitu belum lama mengetahui bahwa ternyata ada tanggal resmi untuk Hari Ayah, sama halnya dengan Hari Ibu. Ya, walaupun sejujurnya, saya pribadi jarang merayakan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Saya sih punya alasan tersendiri, yaitu saya akan selalu berusaha selalu atau sesering mungkin membuat ibu saya merasakan spesialnya diri beliau sebagai seorang ibu, dan pastinya ada sesuatu yang lebih istimewa di setiap ulang tahun beliau.

Terlalu lama mengucapkan rasa syukur pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Apalagi setelah saya mencoba mencari tahu, apakah di Negara-negara lain hari ibu juga diperangati pada tanggal yang sama dengan tanggal yang ditetapkan di Indonesia tercinta ini. Ternyata, saat perayaan Hari Ibu itu sangat variatif. Bahkan, ada beberapa Negara yang tidak menentukan tanggal pastinya, dan hanya menentukan minggu/pekan nya saja. Baiklah, agar tidak penasaran, sekaligus dapat menambah wawasan kita, berikut beberapa list saat perayaan Hari Ibu di beberapa Negara. Oiya, agar lebih efisien saya akan menyertakan saat perayaan Hari Ayah juga ya sahabat.

1. Indonesia »»  Hari Ayah : 12 November, &  Hari Ibu : 22 Desember.
2. Norwegia »» Hari Ayah : Pekan kedua bulan November, & Hari Ibu : Pekan kedua bulan Februari.
3. Yunani »» Hari Ayah :  Pekan ketiga bulan Juni, & Hari Ibu : 2 Februari.
4. Portugal dan Spanyol »» Hari Ayah : 19 Maret, & Hari Ibu :  Pekan Pertama pada bulan Mei.
5. Korea Selatan dan Albania »» Hari Orang Tua : 8 Mei.
6. Meksiko »» Hari Ayah : Pekan ketiga bulan Juni, & Hari Ibu : 10 Mei.
7. Perancis »» Hari Ayah : Pekan ketiga bulan Juni, & Hari Ibu : Minggu pertama Juni yang bertepatan dengan hari Pentakosta.
8. Belanda, Amerika Serikat, Singapura , Afrika Selatan, Kanada »» Hari Ayah : Pekan ketiga bulan Juni, & Hari Ibu : Pekan kedua bulan Mei.
9. Italia »» Hari Ayah : 19 Maret, & Hari Ibu : Pekan kedua bulan Mei.
10. Australia »» Hari Ayah : Pekan pertama bulan September, & Hari Ibu : Pekan kedua bulan Mei.
11. Austria »» Hari Ayah : Pekan kedua bulan Juni, & Hari Ibu : Pekan kedua bulan Mei.
12. Jerman »» Hari Ayah :  Hari Kenaikan Yesus Kristus, & Hari Ibu : Pekan kedua bulan Mei.

Sepertinya itulah beberapa nama Negara yang terpilih untuk saya terakan saat perayaan Hari Ayah dan Hari Ibu nya. Semoga bermanfaat ya sahabat.

Oiya untuk hari ayah, seperti saya katakan di awal, saya baru saja mengetahuinya. Jadi tentu saja, saya tidak pernah merayakannya seperti saya merayakan hari ibu. Tapi, itu tidak membuat saya sedih koq, karena saya telah berusaha membuat ayah saya merasa istimewa sesering mungkin, meskipun itu bukanlah hari ulang tahun beliau. Karena biar bagaimanapun, tidak hanya kasih sayang beliau namun peluh keringat beliau, telah membesarkan saya dan kedua adik saya. Beliau juga menjadi teladan untuk menjadi pribadi yang tegas dan murah hati.

Terlepas dari kapan hari ayah dan hari ibu dirayakan oleh masing-masing Negara, saya yakin itu semua ditujukan sebagai tanda ucapan syukur kepada Tuhan atas keberadaan ayah dan ibu, dan agar kita senantiasa menghormati dan mengasihi kedua orang tua kita. mungkin, orang tua kita tidaklah sempurna keberadaannya, namun mereka tetaplah yang terbaik bagi kita. Tuhan tahu itu, sehingga Dia mengatur sedemikian. Tuhan tahu, harus mendidik kita seperti apa dan menempatkan kita di mana agar kita menjadi pribadi yang lebih pantas meraih keberhasilan. Tentu dengan catatan, kita harus hidup dengan rasa syukur pada-Nya.

Sebagai anak, alangkah lebih baik jika selain pada tanggal yang ditetapkan sebagai perayaan bersama, kita merayakan hari ayah dan hari ibu sesering mungkin.

Tuhan mengasihi kita lebih lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hidup adalah proses pembelajaran untuk lebih baik dan saya pun sedang terus belajar. Terimakasih bagi seluruh pembaca setia. Mari saling berbagi dan nasihat itu pun baik (menghakimi itu hak Allah).Silahkan berpendapat dan berbagi dengan positif dan itikad baik.